Senin, 31 Januari 2011

Biografi Arturo Sandoval

Arturo Sandoval lahir di Artemisia, sebuah desa kecil di provinsi Havana, Kuba pada tanggal 6 November 1949. Arturo mulai bermain musik pada usia 13 di band desa, di mana ia mempelajari dasar-dasar teori musik dan perkusi. Setelah bermain banyak instrumen, ia akhirnya menetap di sangkakala.
Pada tahun 1964, ia mulai tiga tahun serius studi terompet klasik di Sekolah Nasional Kuba Seni dan pada usia 16, ia memperoleh tempat di semua bintang-band nasional negara. Pada saat ini, ia benar-benar tenggelam dalam Jazz dengan Dizzy Gillespie idolanya. Direkrut menjadi militer pada tahun 1971, Sandoval mampu bermain dengan Orquesta Cubana de Musica Moderna dan terus rejimen praktek sehari-hari, mutlak harus untuk pemain trompet.

Setelah debit, ia mendirikan Irakere, yang menjadi ansambel jazz yang paling penting Kuba, dengan saksofonis Paquito D'Rivera dan pianis Chucho Valdes. Mereka dengan cepat menjadi sensasi di seluruh dunia, dan penampilan mereka di Newport Jazz Festival 1978 di New York diperkenalkan kepada audiens Amerika dan mengakibatkan kontrak rekaman dengan Columbia Records.

Tapi Arturo Sandoval sedang mencari kemungkinan musik baru dan ia meninggalkan grup pada tahun 1981 untuk membentuk band sendiri. Dia terus tur di seluruh dunia dengan kelompoknya, bermain perpaduan unik dari musik Latin dan Jazz, dan juga sebagai pemain trompet klasik, tampil dengan BBC di London Symphony dan Symphony Leningrad di Uni Soviet.

Bakat Sandoval telah membuatnya asosiasi dengan banyak musisi besar, tapi mungkin yang paling penting adalah dengan Dizzy Gillespie, pendukung lama musik Afro-Kuba, yang Sandoval panggilan ayah spiritualnya. Kedua musisi bertemu di Kuba pada tahun 1977 ketika sedang bermain Gillespie gigs dadakan di seluruh Karibia dengan saxophonis Stan Getz:.. "Saya pergi ke perahu untuk menemukan bahwa aku tidak pernah punya yang kompleks tentang pertemuan orang-orang terkenal Jika saya menghormati seseorang, saya pergi ke sana dan mencoba untuk menemui mereka. "

Karena situasi politik di Kuba, negara itu terisolasi dari musisi Amerika selama hampir dua puluh tahun dan selama ini perjalanan pertama kembali, Dizzy ingin mengunjungi lingkungan hitam di mana musisi memainkan guaguanco dan rumba di jalanan. Sandoval ditawarkan untuk mengambil Gillespie di dalam mobilnya, dan hanya kemudian bahwa malam ketika ia mengambil panggung dengan Gillespie melakukan Sandoval mengungkapkan dirinya sebagai musisi.

Persahabatan mereka tetap kuat sampai Dizzy's melintas di 1992. Kedua pria terus bermain dan merekam bersama secara teratur. Itu adalah saat tur dengan memenangkan Grammy Award-Bangsa Gillespie United Orchestra di Roma pada tahun 1990 yang Sandoval meminta suaka politik.

Berkat upaya Dizzy dan kemudian Wakil Presiden Dan Quayle, Arturo Sandoval mampu bermukim di Miami. Ia menjadi profesor penuh di Florida International University dan segera mencatat debut Amerika-nya "Penerbangan Untuk Kebebasan" di GRP. Arturo adalah fitur pada Dizzy's Grammy pemenang "Live At Festival Hall" rekaman dengan United Nation Orchestra pada tahun 1992 dan kemudian tahun itu, ia GRP album keduanya, "Ingat Saya Clifford," penghargaan untuk terompet legenda Clifford Brown.

Lain-Nya GRP rekaman termasuk: "Dreams Come True," sebuah kolaborasi dengan Michel Legrand, pemenang Grammy Danzon, Arturo Sandoval dan The Kereta Latin, dan baru-baru ini, "Swingin '." Seperti Wynton Marsalis, Arturo memiliki karir paralel sebagai pemain klasik. Rekaman-Nya, "Album Klasik," fitur terompet concerto oleh Hummel dan Mozart, serta sendiri "Concerto Untuk Trumpet dan Orchestra." Dia terus tampil dengan orkestra simfoni di seluruh dunia serta klinik melakukan bagi siswa bersemangat.

Arturo telah mengajar di Konservatorium de Paris, Tchaikovsky Conservatory di Uni Soviet, University of California Santa Barbara, University of Miami, University of Wisconsin, Purdue University dan di lembaga-lembaga lain di seluruh dunia. Saat ini, ia memegang jabatan sebagai guru besar di Florida International University di Miami.

Arturo juga menulis dan dilakukan pada soundtrack beberapa film termasuk "Keluarga Perez," "The Mambo Kings" dan "Havana." Seperti semua musisi, Arturo Sandoval menghabiskan sebagian besar waktunya di jalan. Ketika ditanya tentang memiliki kehidupan yang kaya seperti di musik, ia melaporkan bahwa "Aku diberkati. Dapatkah Anda membayangkan membiayai hidup Anda melakukan apa yang Anda cintai aku datang? dari keluarga yang sangat miskin dari antah berantah dan tidak pernah bisa membayangkan aku akan mampu melakukan hal-hal yang telah saya lakukan. Tuhan telah baik padaku."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar